Breaking News

7.13.2018

Para orang tua, coba 5 aplikasi ini untuk memantau gadget anak

Tak sedikit orang tua yang telah memberikan anaknya smartphone atau tablet, baik itu sekedar memanjakan untuk bermain game di dalamnya, atau untuk kemudahan berkomunikasi. Namun, hal ini membuat para orang tua was-was. Akankah perangkat tersebut dapat dipantau penggunaannya agar anak terhindar dari hal-hal negatif, yang sangat mudah tersebar di dunia maya atau melalui internet? Menjawab keresahan ini, Tech In Asia memberikan lima aplikasi yang dapat memantau kegiatan dan lokasi dengan perangkatnya.

1. Kid Mode: Free Games + Lock

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, baik untuk orang tua maupun anak. Di dalam aplikasi ini sudah tersedia beberapa game edukatif untuk anak usia 3 hingga 7 tahun. Selain itu terdapat fitur Library of Classic Storybooks! agar orang tua dan anak dapat berinteraksi dengan beragam buku cerita yang disediakan dan Paint untuk anak-anak berkreasi melukis.


Di samping itu, ada pula fitur Lock agar orang tua dapat mengunci aplikasi yang tidak sesuai untuk anak dengan PIN.

Dapatkan aplikasi ini melalui:

Google Play Store: Kid Mode: Free Games + Lock
2. HomeTube


Aplikasi ini sangat cocok bila anak Anda hobi menonton video melalui YouTube. Memang, sarana pembelajaran dan hiburan dapat diakses melalui website tersebut, namun khawatir juga bila mereka mengakses tontonan yang tidak sesuai dengan usia mereka. Orang tua akan dapat menyaring kategori apa saja yang dapat diakses oleh anak melalui smartphone atau tablet, misalnya hanya menyaring pilihan untuk channel kartun atau animasi lainnya yang mendidik.


Uniknya lagi, aplikasi HomeTube dapat menjadi wallpaper langsung saat anak mengakses perangkat, sehingga akan langsung mengarahkan anak untuk menonton video yang sesuai dengan usia mereka. Download HomeTube melalui:

Google Play Store: HomeTube – gratis
3. Kids Palace



Kalau aplikasi satu ini berbentuk launcher dengan kekuasaan penuh pengaturan di tangan orang tua. Fitur Parental Control dan Child Lock yang ada akan melindungi data pribadi pada perangkat dan membatasi anak-anak pada aplikasi yang Anda setujui sebelumnya. Dengannya, Kids Palace akan membatasi anak supaya tidak men-download aplikasi lainnya yang tidak sesuai dengan pengaturan, melakukan panggilan, kirim pesan atau melakukan sesuatu yang bisa membuat Anda menerima tagihan pembayaran yang di luar perkiraan.


Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Auto App Restart yang akan langsung mengembalikan tampilan default ke launcher Kids Palace bila tidak sengaja diubah oleh anak. Download aplikasi ini melalui:

Google Play Store: Kids Palace – gratis
4. Norton Family Parental Control


Sesuai dengan namanya, aplikasi ini buatan dari developer anti virus terkenal Norton. Aplikasi dapat melaporkan situs apa saja yang dikunjungi anak dan memblokir situs dengan kata kunci yang diatur oleh orang tua.


Dengan register di awal, orang tua dapat menerima email atau SMS jika anak mengakses situs yang telah diblokir. Dan memantau dengan siapa saja anak berkomunikasi dan segala aktifitasnya di sosial media.

Download aplikasi ini melalui:

Google Play Store: Norton Family Parental Control – gratis
5. Kakatu


Kakatu merupakan startup asal Bandung yang membuat aplikasi parental control khusus Android untuk menyeleksi, membatasi, dan mengawasi aplikasi apa saja yang boleh diakses buah hati Anda.


Setelah para orang tua meng-install aplikasi Kakatu pada smartphone anak dan mengisi data registrasi — termasuk membuat PIN agar bisa mengakses aplikasi Kakatu dengan leluasa — , orangtua dapat melakukan pengaturan aplikasi pada menu setting. Selanjutnya para orang tua hanya tinggal meng-klik aplikasi mana saja yang boleh diakses oleh sang anak. Untuk memudahkan para orang tua, Kakatu memberikan rekomendasi aplikasi mana yang aman dan bisa digunakan untuk anak yang sudah dikelompokkan ke dalam beberapa kategori.

Aplikasi Kakatu dapat di-download melalui:

Google Play Store: Kakatu – gratis

Dengan aplikasi di atas, Anda sebagai orang tua tidak perlu lagi merasa repot untuk memantau kegiatan anak dengan smartphone atau tablet yang diberikan. Juga jangan sungkan untuk menambahkan referensi aplikasi lainnya yang Anda temukan melalui kolom komentar.

Sumber  : https://id.techinasia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar