Problem Stick Controller PlayStation 3 & Cara Mengatasinya

11.24

Untuk teman-teman sekalian para gamers yang menggunakan console PS3 kali ini kita akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada Stick Controller PS3 dan beberapa tips dari saya untuk mengatasi masalah tersebut. Setidaknya kita bisa tahu dan mengenali dulu masalah yang terjadi dengan Stick Controller PS3 kita sehingga ketika terjadi masalah kita tidak panik dan memboroskan biaya untuk pergi ke tukang servis.
Ketika Stcik Controler terjadi masalah belum tentu Stick Controller tersebut rusak & harus dibongkar. Jika masalah di bawah ini terjadi coba lakukan langkah-langkah penanggulangan nya. 99% langkah tersebut dapat memperbaiki permasalahan Stick Controller yang kita alami, langsung saja ke permasalahan nya juragan :
1. Stick Controller Tidak Bisa Digunakan Secara Wireless
Langkah mengatasi masalah tersebut adalah :
a. Pastikan dulu Stick Controller Controler kita tidak rusak dengan cara menghubungkan Stcik Controler ke kabel USB Console, jika menggunakan kabel USB Console ternyata Stick Controller bisa digunakan maka permasalahan ada di koneksi  Wireless nya dan kita siap melakukan langkah yang kedua.
b. Setelah memastikan di langkah pertama, pastikan dulu setingan Wireless PS3 kita tidak salah. Mungkin saja setting tidak sengaja kita rubah sehingga ada kesalahan koneksi. Jika tidak ada kesalahan setting atau juragan ngga mau repot-repot nyari settingan yang berubah yang mana maka lakukan langkah selanjutnya.
c. Langkah selanjutnya adalah mengembalikan settingan Stick Controller ke default (Bawaan Pabrik) dengan begitu semua setting yg salah atau berubah akan kembali seperti semula. Cara me-reset setting Stcik Controler ke default yaitu sebagai berikut : (1) Temukan lubang kecil tempat tombol reset. Lubang kecil ini biasanya terletak di dekat tombol L2 dibagian bawah Stcik Controler. Tombol reset nya ada di dalam lubang kecil tersebut. (Lihat Gambar)


(2) Pakai klip kertas yg sudah diluruskan atau pake pentol korek api atau pakai apa saja lah yang bisa masuk ke lubang kecil itu, lalu tekan tombol reset tersebut. (3) Setelah mereset ulang Stcik Controler lakukan koneksi ulang ke console dengan cara menyambungkan Stcik Controler menggunakan kabel USB ke Console lalu tekan tombol PS. (seperti yang kita lakukan ketika baru pertama kali menggunakan Console)
(2) Pakai klip kertas yg sudah diluruskan atau pake pentol korek api atau pakai apa saja lah yang bisa masuk ke lubang kecil itu, lalu tekan tombol reset tersebut. (3) Setelah mereset ulang Stcik Controler lakukan koneksi ulang ke console dengan cara menyambungkan Stcik Controler menggunakan kabel USB ke Console lalu tekan tombol PS. (seperti yang kita lakukan ketika baru pertama kali menggunakan Console)
2. Stick Controller Tidak Bergetar / Vibration Tidak Berfungsi
Sebelumnya perlu kita ketahui kalau dalam keadaan default (settingan pabrik) fungsi Vibration selalu dalam keadaan mati. Jadi pastikan dulu settingan nya dalam keadaan hidup.
Beberapa game dan software PS3 tidak mensupport vibration jadi pastikan dulu software atau game yang kita mainkan mensupport vibration untuk DualShock 3. Kita bisa tahu game mensupport vibration mengatasi masalah tersebut adalah  adalah dengan melihat logo DualShock3 Compatible di game atau software tersebut.
Jika semua itu sudah dilakukan tapi vibration masih belum berfungsi maka lakukan langkah mengatasi masalah dibawah ini :
 a. Pastikan dulu Stick Controller kita tidak rusak dengan cara menghubungkan Stcik Controler ke kabel USB Console.
b. Pastikan baterai terisi penuh, terkadang jika baterai low vibrator tidak akan berfungsi karena untuk menghemat tenaga
c. Coba dulu reset console nya, matikan lalu hidupkan lagi
d. Coba gunakan Stick Controller di console PS3 lain (punya temen ato pinjem ke rental :D ) apakah masalah masih terjadi
e. Coba gunakan Stick Controller lain ke console juragan apakah di Stcik Controler lain vibration hidup atau tidak
f. Coba gunakan lebih dekat dengan console mungkin saja Stcik Controler terlalu jauh dari jangkauan Bluetooth
g. Pastikan tidak lebih dari 7 koneksi Bluetooth yang disimpan di PS3 kita. Jika lebih dari 7 buang dulu satu atau dua koneksi Bluetooth yang tersimpan.
h. Langkah terakhir adalah mereset ulang seperti cara mengatasi masalah wireless di atas. Lalu ketika kita memasangkan ulang Stcik Controler ke console setelah reset pastikan tidak ada koneksi usb lain ke console PS3 nya. (koneksi USB hanya Stcik Controler yang sedang dipasangkan jika ada flashdisk atau cooling fan cabut dulu dari console)

Sumber  : http://hamdan-maulana.blogspot.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar