Tutorial Cara Memperbaiki YLOD PS3 FAT

11.20
Kali ini akan kita bahas bagaimana cara memperbaiki YLOD pada PS3. Sebelumnya Tutorial ini dilakukan jika juragan sudah membongkar dan memisahkan Motherboard PS3 Juragan dari Console nya, jadi sebelum ke Langkah dibawah ini silahkan juragan bongkar dulu PS3 juragan dan ikuti langkah di link berikut ini >> TUTORIAL CARA MEMBONGKAR CONSOLE /SYSTEM PLAYSTATION 3 FAT lalu balik lagi ke langkah ini
 Tentunya untuk melakukan tutorial kali ini juragan membutuhkan peralatan tempur sebagai berikut
1. Hair Dryer / Heat Gun
2. Thermal Paste
3. Thermal Pad
4. ArctiClean atau Alcohol konsentrasi tinggi
5. Kopi gan biar ga panik
Bagi agan yang tidak tahu apa itu thermal paste atau thermal pad berarti juragan belum pernah berpengalaman memasang / memperbaiki hardware. Saya sarankan silahkan googling dulu cari tahu apa itu thermal paste & thermal pad. Supata nanti proses perbaikan lancar. Yang sudah tahu dan tidak ada masalah dengan 2 hal tersebut langsung lanjut ke tahap berikutnya.
Oke langsung saja ke langkah-langkah nya.
1. Bersihkan sisa thermal paste lama pada CPU dan GPU yang menempel pada Motherboard, saya sarankan agan menggunakan Arcticlean, jika tidak ada agan juga bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan nya.

2. Balikan motherboard juragan dan Lepaskan Thermal Pad  di Logic Board dengan cara di cungkil perlahan, ini nanti akan diganti dengan thermal pad baru

3. Gunakan Heat Gun atau HairDryer dengan Panas yang “Low” saja gan, silahkan hangatkan seluruh permukaan motherboard. Hingga seluruh motherboard terasa hangat (Tapi jangan sampai terlalu panas)

4. Letakan Motherboard di tatakan yang tahan panas, misalnya di atas buku, atau kardus yang mendatar sehingga motherboard terletak mendatar sempurna, lihat gambar CPU dan GPU yang diberi tanda merah, CPU dan GPU harus dalam posisi seimbang (mendatar tidak berat sebelah) kita akan melakukan pemanasan terhadap bagian yang diberi tanda merah

5. Panaskan bagian yang diberi tanda merah tadi dengan Heat Gun atau Hair Dryer, gunakan panas “low” dengan gerakan memutar, pertama panaskan dulu GPU yang ada tulisan RSX nya. Lalu 2 chip dibawahnya (yang kiri dulu baru yang kanan). Lalu lanjut ke CPU disampingnya, lalu chip di bawahnya (yang kiri dulu baru yang kanan) masing-masing bagian kira-kira dipanaskan selama 25 detik.

SEBELUM LANGKAH KE 6 PASTIKAN MOTHERBOARD SUDAH DALAM KEADAAN DINGIN
6.  Oleskan tipis thermal paste baru di CPU dan GPU yang tadi sudah dibersihkan, oleh tipis merata dan bersihkan jika ada thermal paste yang terkena bagian motherboard lain.

7. Tempelkan Thermal Pad pada bagian yang ditempeli Thermal Pad tadi yang sudah juragan lepas, untuk ukuran nya silahkan agan sesuaikan dengan thermal pad yang agan lepas tadi. Tapi untuk ketebalan nya antara 2-2,5 mm thermal pad yang digunakan.

8. Langkah terakhir lepaskan bagian tempelan thermal pad yang sudah dipasang agar dapat menempel dengan chassis pada PS3 nanti.

Setelah langkah selesai silahkan rangkai kembali console PS3 anda dengan langkah yang sama ketika agan membongkarnya dalam urutan terbalik. Bisa baca lagi di >>  TUTORIAL CARAMEMBONGKAR CONSOLE / SYSTEM PLAYSTATION 3 FAT. Lalu diamkan dulu beberapa jam sebelum agan coba mainkan lagi console nya.
Apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan ke sumbernya langsung, link sumber ada dibawah 

Sumber  : http://hamdan-maulana.blogspot.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar